Total Tayangan Halaman

Jumat, 22 April 2011

PERADABAN PRASEJARAH


Kehidupan selalu berubah, berubah menuju kesempurnaan. Setiap masyarakat dan bangsa akan mengalami perubahan dalam hidupnya. Begitupun manusia prasjarah,
Walaupun tidak ada informasi tertulis tentang kehidupan masyarakat prasejarah, dapat dipastikan mereka telah mengalami perubahan dan perkembangan yang amat panjang. Dilihat dari berbagai hasil temuan arkeolgis, khususnya berupa artefak yang terkubur didalam tanah bersama fosil kerangka manusia para ahli berpendapat pahawa telah terjadi perubahan kehidupan manusia prasejarah. Perubahan dan kehidupan prasejarah dalam tulisan ini disebut sebagai Peradaban Prasejarah.
Perkembangan peradaban prasejarah dapat ditinjau dari beberapa segi, antara lain dari bahan pembuat peralatan hidup (teknologi), dari cara bermata pencaharian (ekonomi) ataupun dari kehidupan sosial dan politik.
Ditinjau dari segi teknologi, yaitu dari bahan yang dipakai untuk membuat peralatan hidup dibedakan menjadi Zaman Batu dan Zaman Logam. Zaman batu yaitu bahwa sebagian besar peralatan (yang ditemukan) verbahan baku batu. Karena beraneka ragamnya bentuk batu yang ditemukan, dari sederhana hingga komplek, dari kasar hingga halus zaman batu dibagi menjadi tiga tahap yaitu:
a.       Batu Kasar, disebut demikian karena produk batunya masih sangat kasar karena penggarapannya amat sederhana.
b.      Batu Sedang, disebut demikian karena produk batu yang dibuat sudak tidak sekasar sebelumnya tapi belum juga dapat disebut halus.
c.       Batu Halus, disebut demikian karena produk batuny yang dibuat sudah sangat halus karena diasah pada setiap permukaannya.
Zaman Logam, yaitu suatu masa ketika manusia prasejarah sudah mengenal pengedoran logam ketika ilmu dan teknologi sudah semakin maju. Zaman logam secara umum dibagi dalam tiga periode yaitu Tembaga, Perunggu dan Besi.
Selain dari segi peralatan perkembangan peradaban manusia dapat pula dilihat dari segi kehidpan bermata pencaharian. Awalnya manusia bergantung sepenuhnya kepada alam, kemudian mengelola alam dan akhirnya mengendalikan alam. Oleh karena itu para ahli membaginya menjadi:
a.       Masa Berburu dan Mengembara
b.      Bercocok tanam dan beternak
c.       Bertukang dan spesialisasi kerja
d.      Industri
Atau dengan istilah lain disebut:
a.       Food Gathering
b.      Food Produksing
c.       Perundagian
Secara sosiopolitik, perdaban prasejarah dibagi dalam beberapa babakab/periode. Periode tersebut adalah:
a.       Mengembara
b.      Menetap/semi menetap (sedenter)
c.       Menetap permanen
d.      Membentuk desa/suku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar